30 Desember 2021 4:09 pm

Kursus Otomotif, Cara Ampuh Menjadi Ahli Mekanik

Prospek profesi mekanik


Seiring pertumbuhan kendaraan di Indonesia yang sangat tinggi, hal ini juga berimbas pada kebutuhan ahli mesin. Profesi ini diibaratkan dokternya kendaraan. Sehingga pastinya dibutuhkan terlebih bagi pemilik kendaraan.

Bahkan Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif terbesar yang menguasai sepertiga dari total penjualan mobil tahunan di ASEAN. Hal itu juga mempengaruhi pertumbuhan industri jasa layanan otomotif seperti bengkel, baik skala besar atau kecil.

Dengan pertumbuhan ini, membuat profesi mekanik juga banyak dibutuhkan. Selain itu, ahli mesin kendaraan juga bisa bekerja di dealer resmi, agen penyewaan kendaraan, atau di perusahaan transportasi lainya.




Perusahaan-perusahaan ini membutuhkan jasa seorang montir untuk melakukan pemeriksaan, perbaikan dan pemeliharaan rutin kendaraan. Atau jika mempunyai modal dan keahlian mekanis, tak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membuka bengkel secara mandiri.

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi Mekanik

Mekanik atau montir merupakan pekerjaan yang tergolong tidak mudah dan membutuhkan keterampilan khusus. Apa saja yang harus dimiliki seorang montir? 


  • Seorang montir harus memiliki pengetahuan akan teknik mekanisme mesin, baik motor, mobil, truk atau sejenisnya. Dan juga memahami struktur kendaraan.
  • Keahlian lain yang harus dimiliki montir adalah mampu bekerja dengan berbagai jenis motor, misalnya bahan bakar, diesel atau listrik.
  • Di zaman teknologi digital ini, banyak mobil yang dioperasikan menggunakan sistem komputer. Jadi, seorang mekanik atau ahli mesin saat ini tidak hanya harus paham kunci-kunci mobil, tapi juga dituntut untuk menguasai sistem komputer.
  • Mengetahui rekayasa teknologi. Hal ini dibutuhkan untuk mencari solusi dari kerusakan kendaraan yang terjadi. 
  • Mampu mengontrol dan mengatasi mesin kendaraan.
  • Memiliki kemampuan komunikasi dan kepemimpinan yang baik. Artinya, seorang mekanik harus bisa berkomunikasi dengan jelas, baik lisan atau tertulis. Ini dimaksudkan untuk menjaga lingkungan kerja yang komunikatif, baik dengan rekan kerja atau pelanggan.
  • Mekanik juga membutuhkan skill membaca dan membuat laporan teknis. 

Untuk bisa menguasai itu diperlukan yang namanya Pelatihan atau Kursus Otomotif. Nahh untuk mencari tempat kursus otomotif pun kamu tidak boleh sembarangan, kamu harus menacari tempat kursus otomotif yang memang berkompeten dan yang sudah terpercaya ya!

OJC Auto Course adalah pilihan yang tepat untuk kamu!






OJC Auto Course merupakan pusat pelatihan kursus otomotif mobil & motor terbaik di Indonesia dengan kurikulum berstandar industri yang diperuntukan bagi kalangan pemula & profesional, tempat kursus ini juga telah memiliki lebih dari 30 mitra bengkel yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.


Selain itu, OJC Auto Course adalah Lembaga kursus otomotif resmi, karena sudah terdaftar di Dinas Ketenagakerjaan dan Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dengan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) : 11/LKP/B/VI/2021. sehingga lebih kredibel dan terpercaya tentunya


Jika mengikuti kursus otomotif di OJC Auto Course, Ini beberapa Benefit yang akan kamu dapatkan :

1. Gratis Penyaluran Kerja
2. Gratis Pemagangan di Bengkel Mitra
3. Gratis Outing Class
4. Gratis Pelatihan Stir Mobil
5. Gratis Sertifikat Kompetensi
6. Terdapat Materi Softskill & Leadership
7. Terdapat Asrama (untuk siswa luar Yogyakarta)
8. Pembinaan Managemen Bengkel




Kursus otomotif disini juga menerapkan metode pembelajaran 70% praktek dan 30% teori, sehingga akan membuat kamu lebih mudah untuk memahami dan menguasai materi yang diajarkan Dalam prakteknya pun siswa mengunakan unit mobil langsung secara utuh (bukan engine stand) sehingga siswa tidak perlu beradaptasi lagi ketika bekerja dibengkel nantinya.

Terdapat berbagai macam program kursus otomotif di OJC Auto Course yang dapat kamu dipilih: 1. Kursus Mekanik Mobil Unggulan 1 tahun 2. Training Centre Mekanik Mobil 6 Bulan 3. Kursus Otomotif Privat EFI VVTI 4. Kursus Otomotif Privat Diesel 5. Kursus Otomotif Privat Engine Chasis 6. Kursus Otomotif Privat Electrical Body 7. Kursus Mekanik Otomotif Motor
Info kursus mekanik mobil & motor? Hubungi OJC Auto Course WhatsApp: 0896-7356-8894 Telp: (0274) 2872719
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami:
0811310326
0811310326
otomotifjogjakartacentre@gmail.com
Jl. Ringroad Barat, Baturan, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55291
dibuat denganberdu