26 Januari 2022 3:43 pm

5 Kemungkinan Penyebab Kipas Radiator Mobil Mati

Perawatan mobil adalah salah satu cara yang ampuh dan penting untuk dilakukan agar mobil yang Sahabat miliki tidak terkena masalah yang cukup mengganggu. Perawatan ini tidak hanya dilakukan di beberapa bagian saja tetapi juga di semua bagian agar tidak terkena masalah seperti halnya kipas radiator mobil mati. 


Kipas radiator mobil mati akan berdampak langsung pada temperatur mesin mobil Sahabat. Kipas radiator mobil berfungsi membantu proses pendinginan radiator dengan menyedot udara segar dari depan lalu dialirkan menuju kisi-kisi radiator untuk membantu pelepasan udara panas air coolant di dalam radiator.

Jika kipas radiator mobil terganggu, air di dalam radiator tidak mengalami pendinginan sehingga yang seharusnya mesin mendapatkan air dingin hasil dari pendinginan kipas justru mendapatkan air panas dan terjadilah overheating mobil.


Ini Beberapa Penyebab Kipas Radiator Mobil Mati


1. Kabel konektor kipas radiator putus


Penyebab paling memungkinkan dari kipas radiator mobil mati adalah adanya kabel konektor yang putus. Sebagai informasi, kipas radiator adalah komponen yang membutuhkan kabel konektor untuk dapat berputar atau berfungsi. 
Jadi, ketika ada kabel penghubung ke listrik yang rusak maupun putus, sudah bisa dipastikan ia tidak akan bisa bekerja maksimal. 
Penyebab kabel konektor ini putus bisa jadi disebabkan beberapa hal. Misalnya, bagian soketnya rusak karena usia, digigit tikus, ataupun alasan-alasan lain. 

2. Sekring kipas putus


Pada jenis kipas radiator elektrik, ada bagian bernama sekring yang berfungsi mengontrol arus listrik. Sekring ini bertindak sebagai pengaman untuk mencegah aliran arus listrik berlebihan ke dalam rangkaian.
Ketika bagian ini mengalami masalah, misalnya putus, maka aliran listrik menuju kipas akan berhenti. Akibatnya, kipas radiator mobil mati.

3. Viscous fan jebol atau rusak


Viscous fan adalah bagian pengontrol kecepatan kipas. Sistem pengontrolnya mengikuti kondisi suhu mesin kendaraan. Saat suhu mesin masih dingin, viscous fan menyetel perputaran kipas pada kecepatan rendah.
Sebaliknya, saat suhu mesin panas, perputaran kipas radiator disetel pada kecepatan tinggi. Makanya, saat ada kerusakan pada viscous fan, bisa jadi kipas radiator mobil mati karena bagian pengontrol putarannya bermasalah. 

4. Fan belt kipas putus


Penyebab kipas radiator mobil mati berikutnya adalah bagian fan belt putus. Bagi kipas radiator model konvensional, fungsi fan belt sangatlah krusial. 
Bagian ini menjadi konektor sekaligus motor penggerak dari mesin menuju ke kipas agar dapat berputar. Bisa ditebak, ketika penghubung sekaligus penggeraknya rusak, maka kipas radiator mobil pun akan mati karena tidak mendapatkan daya penggerak untuk berputar.  

5. Sensor temperatur pendingin rusak 


Alasan terakhir kipas radiator mobil mati adalah terjadinya kerusakan di bagian sensor temperatur pendingin. Komponen ini berfungsi sebagai sinyal bagi engine ECU untuk menunjukkan berapa suhu yang ada pada sistem pendinginan mesin mobil. 
Saat suhu mesin panas, sensor pendingin akan mendeteksinya, kemudian memberikan sinyal kepada engine ECU untuk diteruskan kepada kipas radiator.

Itu dia ulasan seputar penyebab Beberapa Penyebab Kipas Radiator Mobil Mati. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat untuk Anda. Bagi yang berminat untuk mengikuti kursus otomotif mobil, silahkan kunjungi Kursus Otomotif Jogja. Tunggu pendaftaran untuk siswa gelombang selanjutnya.

Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami:
0811444010
0811444010
otomotifjogjakartacentre@gmail.com
dibuat denganberdu
@2022 Otomotif Jogjakarta Centre Auto Course Inc.