18 Januari 2022 3:13 pm

AC Mobil Kurang Dingin? Mungkin Ini Beberapa Penyebabnya

Mobil yang rutin dikendarai tanpa perawatan tentu akan mengalami kerusakan pada beberapa komponen. Selain mesin, salah satu bagian yang sering bermasalah adalah air conditioner atau AC. 

Mengendarai mobil tanpa AC di siang hari yang terik tentu sangat melelahkan. Tidak heran jika semua mobil keluaran terbaru selalu memiliki fitur ini. Hanya saja AC bisa bermasalah Seperti kurang dingin.

Seharusnya udara yang keluar terasa sejuk sehingga membuat kabin menjadi nyaman. Jika bermasalah Anda harus segera mengecek apa penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin.

Penyebabnya pun kadang-kadang sepele, tapi sebagai pemilik kendaraan Anda tidak boleh menganggapnya remeh. Kerusakan pada satu bagian saja jika tidak segera ditangani dapat merusak komponen lainya. Kenali penyebab dari kerusakan pada AC ini.

Penyebab AC Mobil Kurang Dingin




Ada beberapa penyebab dari masalah yang satu ini, membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Kenali berbagai hal yang menyebabkannya agar bisa lebih waspada di kemudian hari dan terhindar dari kondisi AC tidak dingin ini.

1. Freon Sudah Habis


Bisa dibilang, freon adalah komponen ac mobil. Freon atau kadang disebut refrigerant adalah gas yang memiliki fungsi sebagai senyawa pendingin pada AC. Senyawa ini bekerja dengan menyerap beban pendingin pada ruangan. Tanpa adanya freon, AC mobil tidak dingin dan membuat suhu menjadi panas.

Jadi, tidak mengherankan jika AC mobil kurang dingin, freon habis sering dijadikan alasan utama. Freon memang bisa habis seiring berjalannya waktu. Namun, tidak menutup kemungkinan juga jika terdapat kebocoran pada komponen katup pelepas kompresor (compressor relief valve). Bila hal ini terjadi, segera ganti komponen tersebut.​​​​​​


2. Fan Belt Terputus


Selain freon, AC mobil kurang dingin juga bisa disebabkan oleh komponen fan belt yang terputus. Fan belt atau yang kadang disebut drive belt adalah suatu komponen pada mesin mobil, letaknya mengelilingi kompresor. Fungsinya adalah untuk menyalurkan putaran mesin pada kompresor AC mobil.

Fan belt terbuat dari karet dan ada kemungkinan aus atau putus jika sudah digunakan dalam waktu lama. Meski komponen ini bisa putus tiba-tiba, AutoFamily sebenarnya bisa mendeteksi tanda-tanda fan belt akan putus. Biasanya, fan belt yang sudah lapuk dan hampir putus akan membuat mobil mengeluarkan decitan saat dinyalakan.


3. Tekanan yang Terlalu Tinggi 


Untuk dapat bekerja, sistem AC mobil membutuhkan tekanan yang dihasilkan dari oli kompresor. Tekanan ini harus tepat besarannya. Apabila tekanan oli kompresor terlalu tinggi, dikhawatirkan tekanan pada freon juga akan naik. Tekanan tinggi pada freon akan menyebabkan temperatur kompresor naik. Padahal, kompresor yang panas akan menghambat proses kondensasi.

Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan mengisi oli kompresor sesuai dengan batas yang ditentukan. Untuk lebih mudahnya, AutoFamily bisa datang ke bengkel Auto2000 terdekat.​​​​​

​​​​​​​

4. Evaporator Kotor


Penyebab AC mobil kurang dingin selanjutnya adalah evaporator yang kotor. Evaporator bertugas mengeluarkan hawa dingin pada AC menuju kabin mobil. Letaknya berada di bawah dashboard mobil. Posisi ini membuat evaporator rentan terkena debu atau kotoran.

Kotoran dan debu yang menumpuk pada evaporator inilah yang kemudian bisa menyebabkan AC mobil kurang dingin. Untuk menghindarinya, AutoFamily sebaiknya membersihkan evaporator serta filter AC mobil secara rutin.

5. Kompresor Rusak


Sistem AC mobil digerakkan oleh kompresor. Saat mobil dihidupkan dan menyalakan AC, kompresor kemudian akan memompa freon menuju kondensor. Maka, sudah bisa dibayangkan betapa vitalnya peran kompresor pada sistem AC mobil.

Itu dia ulasan seputar penyebab Ac mobil kurang dingin. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat untuk Anda. Bagi yang berminat untuk mengikuti kursus otomotif mobil, silahkan kunjungi Kursus Otomotif Jogja. Tunggu pendaftaran untuk siswa gelombang selanjutnya.

Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami:
0811310326
0811310326
otomotifjogjakartacentre@gmail.com
Jl. Ringroad Barat, Baturan, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55291
dibuat denganberdu