17 Januari 2022 12:05 pm

Cara Mudah Tune Up Mobil Secara Mandiri di Rumah

Tune up adalah salah satu perawatan atau service yang wajib dilakukan para pemilik mobil agar performanya kembali seperti mobil baru. Meski biasanya dilakukan di bengkel, ada cara sederhana melakukan tune up mobil sendiri adalah di rumah.

Namun perlu dicatat, saat melakukannya sendiri di rumah ada beberapa hal yang patut diperhatikan dan dipersiapkan serta peralatan wajib seperti obeng, kunci pas, kunci ring, pengukur celah, Amplas, timing light, tes kompresi, dan kain lap.

1.Bersihkan Saringan Udara



Filter Udara

Bila seluruh peralatan sudah siap tersedia, maka Anda bisa mulai melakukan tune up sendiri dengan cara yang sederhana. Pertama-tama Anda bisa membersihkan filter udara. Mengapa demikian? Filter udara lebih mudah untuk dibongkar dibandingkan komponen lainnya. Di samping itu, sifat dari saringan udara juga lebih cepat dingin.

Cara membersihkan saringan udara adalah dengan mencucinya menggunakan air sabun. Kemudian Anda bisa mengeringkannya dengan benar hingga tak ada air sama sekali yang tersisa. Setelah selesai, Anda bisa kembali meletakannya ke tempat semula.


2.Aki Atau Accu



Aki

Kondisi aki mobil juga tak kalah penting untuk dicek. Seperti diketahui, aki merupakan nyawa dari mobil. Untuk itu, Anda wajib melakukan inspeksi terhadap aki mobil saat melakukan tune up di rumah, cara melakukannya cukup mudah kok.

Jika menggunakan aki basah, perhatikan ketinggian air aki. Air aki yang berada di bawah standar membuat reaksi pada aki tidak maksimal. Walhasil, arus listrik yang dibutuhkan mobil tak bisa terpenuhi. Jika memakai aki kering, periksa kondisi indikator aki apakah masih baik atau sudah harus diganti.

3.Busi dan Kabel Busi



Busi

Kemudian Anda juga bisa mengecek kondisi busi-busi pada mobil. Cek kondisi kebersihan busi, bila kotor maka segera dibersihkan. Atau kalau sudah tak memungkinkan, Anda wajib menggantinya dengan yang baru.

Tak kalah penting saat tune up mobil di rumah adalah mengecek kondisi kabel busi. Bila kondisi kabel sudah jelek maka akan berpengaruh pada nyala api busi.

4.Cek Kondisi Radiator



Radiator
Ketika melakukan tune up mobil di rumah sendiri, radiator juga menjadi satu bagian yang harus dicek. Anda juga bisa memastikan kondisi air pada radiator tak berkurang. Tabung reservoir juga tak luput dari pengecekan. Pastikan tabung terisi dengan air radiator.

5.Mengganti Oli Mesin


Mengganti oli mesin mobil merupakan salah satu bagian dari tune up. Nah mengganti oli mesin ini memang umumnya dilakukan di bengkel, tapi jika kondisi mendesak Anda bisa menggantinya sendiri dirumah.

Caranya cukup mudah, langkah pertama buka tutup oli di mesin, kemudian baut penutup di oil tank, lalu biarkan oli di mesin keluar seluruhnya. Jika sudah, masukkan lagi oli baru, dan jangan lupa mengganti filter olinya.

6.Setelan Idle dan Pengapian



Engine Start / Stop

Saat melakukan tune up sendiri di rumah, Anda juga harus menyetel idle dan pengapian. Caranya adalah memutar bagian distributor ketika mobil dalam kondisi menyala.

Kemudian penyetelan idle berfungsi untuk menyetel campuran antara bensin dan udara pada kondisi stasioner. Anda harus memastikan putaran mesin berada pada kondisi stasioner sebelum melakukan penyetelan campuran idle. Apabila putaran stasioner berubah setelah penyetelan, maka perlu dilakukan penyetelan ulang.

Jika kamu ingin belajar bagaimana cara Tune Up mobil yang baik & benar kamu bisa mengikuti pelatihan mekanik otomotif profesional di OJC Auto Course.



Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami:
0811310326
0811310326
otomotifjogjakartacentre@gmail.com
Jl. Ringroad Barat, Baturan, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55291
dibuat denganberdu